Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT (RS)
Prodi | : D3 ASURANSI KESEHATAN |
Pengarang | : Riska Dwi Nur Aqnia |
Dosen Pembimbing | : Herlinda Dwi Ningrum , S.Kep, Ns. MPH |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2021. |
Bahasa | : Bahasa Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Latar belakang: Beberapa jurnal penelitian mengatakan bahwa pasien peserta JKN belum merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan dari instalasi kefarmasian rumah sakit, sehingga peneliti menganalisis mengenai gambaran kepuasan pasien JKN terhadap pelayanan instalasi farmasi rumah sakit menggunakan studi literatur. Tujuan: untuk mengetahui gambaran kepuasan Pasien JKN rawat jalan pada pelayanan intalasi farmasi di rumah sakit dan untuk mengetahui kualitas pelayanan berdasarkan indikator ukuran kepuasaan konsumen yang terletak pada dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles. Metode: penelitian ini mnggunakan traditional review, pencarian jurnal menggunakan database Garuda Ristekbrin yang sesuai dengan kriteria inklusi, peneliti memperoleh 6 jurnal. Hasil: terdapat 4 dari 6 jurnal yang menyatakan puas terhadap dimensi reliability dan pada dimensi responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles terdapat 3 dari 6 jurnal yang menyatakan puas. Kesimpulan: hasil kepuasan pasien pada setiap dimensi berturut-turut antara lain: realibility (puas), responsiveness (cukup puas), assurance (cukup puas), empathy (cukup puas), dan tangibles (cukup puas). Saran: untuk rumah sakit: dapat meningkatkan kualitas dan memperbaiki kinerja pada pelayanan di instalasi farmasi khususnya pada dimensi responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles; untuk BPJS Kesehatan: dapat meningkatkan pengawasan terhadap kualitas pelayanan instalasi farmasi rumah sakit; untuk peneliti selanjutnya: dapat melakukan penelitian tentang strategi meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian.